Articles > Apa itu Visa?

Apa itu Visa?

November 25, 2022 3:03 am published by astuti

Sumber foto pixabay.com

Visa merupakan dokumen penting yang harus dimiliki seseorang ketika akan masuk atau tinggal sementara di sebuah negara. Keberadaan seseorang di negara asing tanpa memiliki visa akan dianggap illegal dan terancam dideportasi. Oleh karenanya penting bagi masyarakat untuk memahami tentang dokumen yang satu ini.

Pegertian Visa

Visa adalah dokumen yang diterbitkan oleh suatu negara yang berisi izin untuk masuk dan keluar dari negara tersebut. Dokumen izin tersebut berlaku untuk jangka waktu tertentu.

Sementara itu berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2011 tetang keimigrasian, Visa Republik Indonesia adalah keterangan tertulis yang diberikan oleh pejabat yang berwenang di perwakilan Republik Indonesia atau ditempat lain yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Isinya memuat persetujuan bagi orang asing untuk melakukan perjalanan ke wilayah Indonesia dan menjadi dasar pemberian izin tinggal.

Jenis-Jenis Visa

Secara umum Visa terdiri dari 4 jenis yang dibedakan berdasarkan kegunaannya. Berikut ini jenis-jenis Visa Repulik Indonesia:

  •  Visa Diplomatik

Visa diplomatik diberikan kepada orang asing pemegang paspor diplomatik serta paspor lain, termasuk keluarga untuk masuk ke wilayah Indonesia guna melaksanakan tugas yang bersifat diplomatik.

  •  Visa Dinas

Visa dinas diberikan kepada orang asing pemegang paspor dinas dan paspor lain, termasuk keluarga untuk masuk ke wilayah Indonesia guna melaksanakan tugas yang tidak bersifat diplomatik dari pemeritah asing yang bersangkutan atau organisasi internasional.

  • Visa Kunjungan

Visa kunjungan diberikan kepada orang asing yang akan melakukan kunjungan ke Indonesia dalam rangka tugas pemerintah, bisnis, sosial budaya, Pendidikan, jurnalistik atau singgah untuk melanjutkan kunjungan ke negara lain. Visa kunjungan bisa berupa kunjungan satu kali (single entry), kunjungan beberapa kali perjalanan (multiple entry) dan kunjungan saat kedatangan (on arrival).

  •  Visa Tinggal Terbatas

Visa Tinggal Terbatas diberikan kepada orang asing sebagai tenaga ahli, rohaniawan, peneliti, pekerja, pelajar, investor, rumah kedua dan keluarga, dan warga negara asing yang menikah secara sah dengan warga negara Indonesia (WNI) yang akan melaksanakan perjalanan ke Indonesia untuk bertempat tinggal dalam jangka waktu terbatas; atau dalam rangka bergabung untuk bekerja diatas kapal, alat apung, atau instalasi yang beroperasi di perairan Indonesia, landas kontinen, laut territorial, dan/atau ZEEI (Zona Ekonomi Eklusif Indonesia)

Fungsi Visa

Fungsi Visa adalah sebagai surat izin tinggal sementara di negara tujuan. Kemudian ada beberapa hal yang membuat Visa menjadi hal yang penting bagi sebuah negara, diantaranya:

  • Menghindarkan sebuah negara dari imigran gelap atau illegal
  • Mengelola keamanan dan kedaulatan negara tersebut
  • Mengetahui alas an berkunjung ke negara tersebut

Cara membuat Visa

1.     Melakukan pendaftaran dan reservasi interview yang bisa dilakukan secara online;

2.     Mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, formular permohonan, foto, bukti pembayaran Visa dan lain-lain;

3.     Peyerahan dokumen

4.     Pemberian Visa

Demikian penjelasan singkat tentang Visa semoga bermanfaat bagi anda yang hendak bepergian ke luar negeri.

Jika membutuhkan bantuan untuk mengurus Visa silahkan hubungi Lex Mundus sekarang juga melalui chat whatsap pada halaman ini atau email ke marketing@lexmundus.com. Terima kasih.

 

 

Why Lex Mundus

Lex Mundus has been active in this Industry for more than 12 years and has showed a leading role in company establishment and strategic corporate market-entry services in Indonesia. Through our deep understanding on Indonesian regulatory system and business culture, and our close relationship with various Indonesian government officials, we would be able to offer you cost-efficient and highly effective services in Indonesia.

Business Consulting
  • Company Establishment
  • Immigration Services
  • Tax and Finance
  • Human Capital
  • Intellectual Property
  • Translation
Training
  • Corporate Legal Training
  • Tax and Finance Training
  • Certified Training
More
Neo Soho Residence, 11th Floor Unit 1112 Jl. Letjen S. Parman Kav. 28, Tanjung Duren Jakarta Barat - 11470