Articles > Bisnis Travel Online Wajib Daftar PSE, Ini Ketentuannya….

Bisnis Travel Online Wajib Daftar PSE, Ini Ketentuannya….

July 2, 2024 7:29 am published by astuti

Traveling atau melakukan perjalanan wisata sudah menjadi bagian dalam masyarakat modern,  dengan semakin banyak orang menjadikannya sebagai prioritas dalam kehidupan mereka. Terlebih dengan semakin banyaknya moda transportasi yang bisa digunakan dalam bepergian. Peningkatan jumlah maskapai penerbangan berbiaya rendah membuat perjalanan udara lebih terjangkau bagi banyak orang.

Tren media sosial juga mempengaruhi orang untuk melakukan perjalanan wisata. Platform seperti Instagram, Facebook, dan YouTube memotivasi orang untuk bepergian dengan menampilkan destinasi indah dan pengalaman unik yang dapat dibagikan. Karena itu tidak heran apabila terjadi perubahan prioritas terutama pada kalangan generasi Z. Banyak orang, terutama generasi milenial dan Gen Z, lebih memilih menghabiskan uang untuk pengalaman daripada barang-barang material.

Dengan perkembangan teknologi internet, kini konsumen lebih memilih pemesanan melalui agen travel online daripada agen travel tradisional. Hal ini memberi kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen dalam merencanakan perjalanan mereka. Penggunaan aplikasi mobile dan situs web yang intuitif telah mempermudah konsumen untuk mencari, membandingkan, dan memesan berbagai layanan perjalanan. Sistem ulasan dan rating yang transparan juga membantu konsumen konsumen terhadap layanan yang ditawarkan agen travel.

Salah satu agen travel online yang sudah dikenal di Indonesia itu ada Traveloka dan Tiket.com. Kedua agen travel online tersebut  menyediakan jasa untuk pembelian tiket akomodasi, transportasi umum, dan macam-macam pembayaran elektronik lainnya. Melalui agen-agen travel ini konsumen jadi mudah memesan memesan tiket dari mana saja dan kapan saja melalui telepon genggam.

Sebagai Kegiatan  usaha yang memanfaatkan memanfaatkan sistem dan transaksi secara elektronik, maka agen travel online seperti Traveloka dan tiket.com wajib memiliki Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (TD PSE). Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik terdapat dua jenis penyelenggara sistem elektronik (PSE) dengan kriteria sebagai berikut:

PSE Lingkup Publik

  1. Instansi;
  2. Institusi yang ditunjuk oleh institusi.

PSE Lingkup Privat

  1. PSE yang diatur atau diawasi oleh Kementerian atau Lembaga.
  2. PSE yang memiliki portal, situs, atau aplikasi daring melalui
  3. internet yang digunakan untuk: Penawaran/perdagangan barang/jasa Layanan transaksi keuangan Pengiriman materi atau muatan digital berbayar
  4. Layanan komunikasi yang tidak terbatas pesan singkat, panggilan suara, panggilan video, surat elektronik, dan percakapan daring
  5.  Layanan mesin pencari
  6. Pemrosesan data pribadi yang terkait dengan aktivitas transaksi elektronik

Berdasarkan daftar diatas, agen travel online seperti Traveloka dan tiket.com yang merupakan agen travel online, jelas memiliki portal, situs, atau aplikasi daring melalui internet yang haus memiliki tanda daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Pengajuan permohonan pendaftaran TD PSE dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran. Berikut data yang harus diisi oleh PSE Lingkup Privat seperti Traveloka dan tiket.com pada saat pendaftaran, antara lain :

  • Gambaran umum pengoperasian sistem elektronik;
  • Kewajiban untuk memastikan keamanan informasi;
  • Kewajiban melakukan perlindungan data pribadi; dan
  • Kewajiban untuk melakukan uji kelaikan sistem elektronik.

 

Mau urus pendirian perusahaan dan legalitas usaha dengan biaya terjangkau?? silahkan hubungi Lex Mundus Indonesia sekarang juga melalui chat whatsapp pada halaman ini atau email ke [email protected]. Terima kasih.

Why Lex Mundus

Lex Mundus has been active in this Industry for more than 12 years and has showed a leading role in company establishment and strategic corporate market-entry services in Indonesia. Through our deep understanding on Indonesian regulatory system and business culture, and our close relationship with various Indonesian government officials, we would be able to offer you cost-efficient and highly effective services in Indonesia.

Business Consulting
  • Company Establishment
  • Immigration Services
  • Tax and Finance
  • Human Capital
  • Intellectual Property
  • Translation
Training
  • Corporate Legal Training
  • Tax and Finance Training
  • Certified Training
More