Articles > Ini Kode KBLI Untuk Kegiatan Blockchain, Artificial Intelligent (AI), Machine Learning (ML) dan Sertifikat Digital.

Ini Kode KBLI Untuk Kegiatan Blockchain, Artificial Intelligent (AI), Machine Learning (ML) dan Sertifikat Digital.

November 10, 2023 5:33 am published by astuti

Di era kemajuan saat ini, inovasi dan perkembangan teknologi digital menjadi sebuah bisnis digital yang membantu masyarakat untuk mengembangkan bisnis dan inovasi. Misalnya saja teknologi Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan yang dapat membantu sebuah bisnis mencapai efisiensi dan profitabilitas yang lebih besar dengan mengoptimalkan tugas-tugas rutin serta memberikan wawasan atau prediksi yang membantu sebuah bisnis membuat keputusan yang tepat.

Kegiatan blockchain, artificial intelligent (AI) mechine learning dan sertifikat digital adalah kegiatan yang termasuk pada Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) dengan kode 63111. Kelompok ini mencakup kegiatan pengolahan dan tabulasi semua jenis data. Kegiatan ini bisa meliputi keseluruhan tahap pengolahan dan penulisan laporan dari data yang disediakan pelanggan, atau hanya sebagian dari tahapan pengolahan. Termasuk pembagian fasilitas mainframe ke klien dan penyediaan entri data dan kegiatan pengelolaan data besar (big data).

Kelompok ini termasuk kegiatan industri yang diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 9 Tahun 2021 dan digolongkan sebagai industri besar dengan risiko usaha menengah tinggi. Dengan begitu perizinan berusaha yang harus dimiliki yaitu Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Standar. Kegiatan ini harus memenuhi persyaratan perizinan berusaha yaitu ;

  1. Berlokasi di Kawasan Industri atau Kawasan Peruntukan Industri;
  2. Telah selesai melaksanakan persiapan dan kegiatan pembangunan, pengadaan, pemasangan/instalasi peralatan, dan kesiapan lain yang diperlukan

Setelah mendapatkan perizinan berusaha, pelaku usaha sesuai dengan kebutuhannya masing-masing harus memiliki perizinan berusaha untuk menunjang kegiatan usaha (PB-UMKU) dalam kegiatan operasional-komersial sesuai ketentuan peraturan perundangundangan di sektor perindustrian. Adapun jenis PB UMKU untuk KBLI 63111 terdiri dari;

  1. Sertifikat persetujuan kelaikan fasilitas industri pertahanan moda udara
  2. Izin produksi alat peralatan pertahanan dan keamanan
  3. Izin pemasaran
  4. Sertifikat persetujua kelaikan fasilitas industri pertahanan moda darat
  5. Sertifikat persetujuan kelaikan fasilitas industri pertahanan moda laut

Butuh bantuan mengurus perizinan berusaha? silahkan hubungi Lex Mundus sekarang juga melalui chat whatsapp pada halaman ini atau email ke [email protected]. Terima kasih.

Why Lex Mundus

Lex Mundus has been active in this Industry for more than 12 years and has showed a leading role in company establishment and strategic corporate market-entry services in Indonesia. Through our deep understanding on Indonesian regulatory system and business culture, and our close relationship with various Indonesian government officials, we would be able to offer you cost-efficient and highly effective services in Indonesia.

Business Consulting
  • Company Establishment
  • Immigration Services
  • Tax and Finance
  • Human Capital
  • Intellectual Property
  • Translation
Training
  • Corporate Legal Training
  • Tax and Finance Training
  • Certified Training
More