Articles > KBLI Untuk Kegiatan EPC Migas

KBLI Untuk Kegiatan EPC Migas

November 22, 2023 5:15 am published by astuti

EPC adalah singkatan dari Engineering, Procurement, and Construction adalah sistem yang memproses sebuah rancangan yang dapat mengidentifikasi masalah – masalah yang bisa terjadi dalam menjalankan suatu proyek. EPC digunakan dalam proyek besar seperti industri minyak, gas, dan energi. Perusahaan EPC menawarkan layanan untuk mewujudkan proyek-proyek seperti pengadaan sumber energi minyak bumi dan gas.

Perusahaan EPC Migas adalah perusahaan yang terlibat dalam kegiatan desain, pengadaan, dan konstruksi proyek-proyek besar, terutama di industri minyak, gas, dan energi. Dalam hal ini, perusahaan bertanggung jawab atas desain, biaya, pengadaan, dan konstruksi proyek beberapa sektor industri dengan disesuaikan spesifikasi teknis dan jadwal. Salah satu contoh proyek EPC migas seperti proyek pembangunan pembangkit listrik, pengadaan fasilitas pengolahan minyak dan gas, dan sebagainya.

Perusahaan EPC Migas merupakan kegiatan Jasa Penunjang Migas dikategorikan ke dalam KBLI 09100, yaitu AKTIVITAS PENUNJANG PERTAMBANGAN MINYAK BUMI DAN GAS ALAM. Kelompok ini mencakup kegiatan jasa yang berkaitan dengan pertambangan minyak dan gas bumi yang dilakukan atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak, seperti jasa eksplorasi pengambilan minyak atau gas dengan cara tradisional yaitu membuat observasi geologi, pemasangan alat pengeboran, perbaikan dan pembongkaran penyemenan sumur minyak dan sumur gas, pembuatan saluran sumur, pemompaan sumur produksi, penyumbatan dan penutupan sumur produksi, pengujian produksi, dismantling, pencairan dan regasifikasi gas alam untuk kebutuhan transportasi di lokasi pertambangan, pengeboran percobaan dalam rangka penyulingan minyak bumi dan gas alam dan jasa pemadam kebakaran ladang minyak bumi dan gas alam.

Dalam menjalankan kegiatannya perusahaan EPC Migas harus memenuhi persyaratan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha diantaranya;

1. Data lokasi pemanfaatan Sumber Radiasi Pengion;

2. Dokumen rencana teknis fasilitas bangunan gedung penahan radiasi;

3. Dokumen gedung utilitas operasi pemanfaatan Sumber Radiasi Pengion;

4. Dokumen kajian keselamatan Sumber Radiasi Pengion dan/atau kajian keamanan zat radioaktif;

5. Data kompetensi dan kewenangan petugas yang meliputi:

  • Petugas proteksi radiasi;
  • Petugas keamanan zat radioaktif; dan/atau
  • Petugas lainnya yang menangani sumber radiasi pengion.

6. Dokumen kesesuaian mutu Sumber Radiasi Pengion;

7. Dokumen program proteksi dan keselamatan radiasi dan/atau dokumen program keamanan zat radioaktif; dan

8. Dokumen bukti kepemilikan dan/atau penguasaan Sumber Radiasi Pengion.

Selanjutnya pelaku usaha juga harus memenuhi kewajiban PB UMKU diantaranya;

1. Melakukan kegiatan well logging sesuai dengan izin yang diberikan oleh Badan Pengawas;

2. Melaksanakan proteksi dan keselamatan radiasi sesuai dokumen persyaratan izin;

3. Melaksanakan dokumen program keamanan zat radioaktif;

4. Memberikan kesempatan kepada Kepala Badan untuk melakukan inspeksi selama masa izin berlaku; dan

5. Menyampaikan laporan verifikasi keselamatan dan/atau keamanan zat radioaktif kepada Badan Pengawas secara berkala setiap tahun terhitung sejak Perizinan Berusaha diterbitkan.

Jika Anda butuh bantuan dalam mendirikan perusahaan dan mengurus perizinan berusaha, silahkan hubungi Lex Mundus sekarang juga melalui chat whatsapp pada halaman ini atau email ke [email protected]. Terima kasih. 

Why Lex Mundus

Lex Mundus has been active in this Industry for more than 12 years and has showed a leading role in company establishment and strategic corporate market-entry services in Indonesia. Through our deep understanding on Indonesian regulatory system and business culture, and our close relationship with various Indonesian government officials, we would be able to offer you cost-efficient and highly effective services in Indonesia.

Business Consulting
  • Company Establishment
  • Immigration Services
  • Tax and Finance
  • Human Capital
  • Intellectual Property
  • Translation
Training
  • Corporate Legal Training
  • Tax and Finance Training
  • Certified Training
More