Articles > Manfaat Akta Pendirian Perusahaan

Manfaat Akta Pendirian Perusahaan

May 3, 2023 4:56 am published by astuti

Selain mempersiapkan modal, hal penting yang harus disiapkan oleh pelaku usaha terkait pendirian usaha adalah melengkapi berkas serta dokumen legalitas usaha. Salah satu dokumen penting dan wajib yang harus dimiliki yaitu Akta Pendirian Perusahaan.

Akta Pendirian Perusahaan adalah  dokumen yang dibuat dan disahkan oleh notaris sebagai bukti sah yang menyatakan adanya pembangunan badan usaha baru.  Dalam akta pendirian terdapat informasi antara lain nama perusahaan, nilai modal, nama pemilik, maksud dan tujuan kegiatan usaha hingga struktur organisasi perusahaan.

Pada dasarnya semua perusahaan sebaiknya memiliki dokumen penting ini, baik itu perusahaan dengan skala kecil maupun skala besar, terutama badan usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Perusahaan Perorangan , Firma dan CV. Berikut syarat yang harus dipenuhi dalam membuat Akta pendirian antara lain:

  1. Nama dan tempat kedudukan usaha
  2. Jangka waktu berdirinya perusahaan
  3. Maksud dan tujuan serta kegiatan usaha
  4. Jumlah modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor (khusus untuk PT)
  5. Nilai nominal dan jumlah saham (khusus untuk PT)
  6. Alamat perusahaan
  7. Identitas lengkap pendiri perusahaan, direktur, dan pemegang saham perusahaan.

 

Adapun manfaat dari Akta Pendirian bagi perusahaan diantaranya:

  • Menunjukan adanya bukti legalitas suatu perusahaan di mata hukum

Adanya Bukti legalitas di mata hukum mempermudah perusahaan dalam menjalankan bisnis dan mengembangkan usahanya. Segala kegiatan usaha dapat berjalan lancar dengan adanyanya bukti sah dan diakui oleh hukum yang berlaku.

  • Merupakan dokumen pendukung untuk mengurus izin lainnya

Memiliki akta pendirian berarti membantu memperlancar pengurusan izin-izin lain yang dibutuhkan untuk kegiatan usaha. Misalnya seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan juga Nomor Induk Berusaha (NIB). Selain itu, pelaku usaha juga bisa lebih mudah dalam mengurus beberapa perizinan terkait ekspor dan impor demi perkembangan usaha.

  • Bukti kepemilikan atas badan usaha yang didirikan

Dengan adanya Akta Pendirian, membuktikan bahwa Anda adalah pemilik yang sah. Sehingga jika ada transaksi seperti jual beli saham ataupun peleburan perusahaan tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa persetujuan Anda.

Selain manfaat-manfaat tersebut, dengan adanya akta pendirian perusahaan, maka sebuah perusahaan telah membangun citra baik sebagai perusahaan yang taat pada regulasi yang berlaku. Selain itu juga membuka kesempatan bagi perusahaan untuk semakin berkembang.

Butuh bantuan dalam mendirikan perusahaan dan mengurus legalitas usaha? Silahkan hubungi Lex Mundus sekarang juga melalui chat whatsapp pada halaman ini atau email ke [email protected]. Terimakasih.

 

 

Why Lex Mundus

Lex Mundus has been active in this Industry for more than 12 years and has showed a leading role in company establishment and strategic corporate market-entry services in Indonesia. Through our deep understanding on Indonesian regulatory system and business culture, and our close relationship with various Indonesian government officials, we would be able to offer you cost-efficient and highly effective services in Indonesia.

Business Consulting
  • Company Establishment
  • Immigration Services
  • Tax and Finance
  • Human Capital
  • Intellectual Property
  • Translation
Training
  • Corporate Legal Training
  • Tax and Finance Training
  • Certified Training
More