Articles > Mengenal Usaha Jasa Maklon

Mengenal Usaha Jasa Maklon

November 27, 2023 6:16 am published by astuti

Pada waktu belakangan ini banyak pelaku usaha yang membangun brand kosmetik seiring dengan tingginya minat masyarakat pada produk-produk perawatan kulit. Membangun brand sebuah produk dari awal tentunya bukanlah hal yang mudah apalagi proses produksi yang cukup rumit serta memerlukan faktor produksi seperti sumber daya manusia, alat produksi dan pabrik yang mumpuni.

Membuat pabrik sendiri untuk memproduksi barang akan membutuhkan modal yang besar dan memiliki risiko tinggi apalagi bagi pengusaha pemula. Namun, dalam dunia bisnis, ada perusahaan yang mengkhususkan diri untuk memfasilitasi produksi produk-produk untuk klien yang tidak memiliki keahlian ataupun sumber daya produksi. Usaha jasa tersebut dikenal dengan Maklon.

Maklon adalah kata serapan dari dari bahasa Belanda “maakloon“, yang dalam bahasa Inggris dapat diartikan sebagai manufacturing fee. Lalu berdasarkan penjelasan pasal 2 ayat 2 PP No. 107 Tahun 2015, Maklon adalah Kegiatan mengolah Bahan Baku atau sumber daya Industri milik orang lain untuk menghasilkan barang berdasarkan pesanan orang tersebut.

Jasa maklon tidak hanya diperuntukkan untuk pembuatan produk kecantikan seperti make up dan skincare. Namun juga digunakan pada industri-industri lainnya baik makanan, minuman, maupun produk herbal. Dengan menggunakan jasa maklon, seseorang atau suatu badan usaha tidak perlu lagi memusingkan faktor-faktor produksi, seperti tenaga kerja, membangun pabrik, dan membeli peralatan produksi.

Perusahaan yang menawarkan jasa maklon biasanya memiliki ciri-ciri;

1. Perusahaan menawarkan jasa maklon dengan menyediakan jasa untuk memproduksi. Oleh karena itu pengguna jasa harus menyediakan spesifikasi, bahan baku, barang setengah jadi, dan/atau bahan penolong/pembantu yang akan dipakai dalam proses produksi.

2. Perusahaan jasa maklon tidak dapat menjual, atau mendistribusikanya tanpa izin atau kesepakatan pengguna jasa terlebih dahulu. Hal ini karena kepemilikan atas barang jadi yang diproduksi, pemasaran dan hak penjualan semua dipegang oleh pengguna jasa maklon.

Penyedia jasa maklon tidak hanya mengurus masalah produksi, tapi juga mengurus perizinan produk yang diproduksi. Seperti diketahui bahwa untuk menjamin keamanan produk yang diedarkan di Indonesia, harus ada izin edar BPOM dan sertifikat halal. Sebelum memproduksi barang biasanya pabrik akan membuat sampel produk, mengajukan perizinan, kemudian masuk ke tahap produksi.

Jika Anda butuh bantuan dalam mendirikan perusahaan dan mengurus perizinan berusaha, silahkan hubungi Lex Mundus sekarang juga melalui chat whatsapp pada halaman ini atau email ke [email protected]. Terima kasih.

Why Lex Mundus

Lex Mundus has been active in this Industry for more than 12 years and has showed a leading role in company establishment and strategic corporate market-entry services in Indonesia. Through our deep understanding on Indonesian regulatory system and business culture, and our close relationship with various Indonesian government officials, we would be able to offer you cost-efficient and highly effective services in Indonesia.

Business Consulting
  • Company Establishment
  • Immigration Services
  • Tax and Finance
  • Human Capital
  • Intellectual Property
  • Translation
Training
  • Corporate Legal Training
  • Tax and Finance Training
  • Certified Training
More