Articles > Menjadi Andalan Sebagai Pilihan Rekreasi Keluarga, Arena Permainan Seperti Timezone Wajib Urus Perizinan Berusahanya

Menjadi Andalan Sebagai Pilihan Rekreasi Keluarga, Arena Permainan Seperti Timezone Wajib Urus Perizinan Berusahanya

January 8, 2024 5:27 am published by astuti

Area permainan sekaligus bisa menjadi sarana edukasi seperti Timezone menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Arena permainan seringkali dipilih para orang tua untuk menghabiskan waktu bersama anak dan keluarga. Arena permainan anak biasanya menawarkan berbagai permainan yang menyenangkan bagi anak-anak dan bahkan orang dewasa. Dengan variasi permainan yang menarik, memberikan hiburan yang menyenangkan bagi semua usia. Permainan yang dihadirkan juga biasanya menggunakan teknologi terkini, interaktif, dan sering kali mengikuti tren terbaru, sehingga menarik minat anak-anak yang gemar teknologi. Biasanya berlokasi di pusat perbelanjaan atau area dengan akses mudah, membuatnya menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi keluarga.

Sebagai area rekreasi yang diperuntukan bagi keluarga terutama anak-anak, pengelola harus benar-benar memperhatikan masalah kebersihan dan keamanan serta legalitas usahanya. Dengan mengurus legalitas usahanya, bisnis area permainan berarti sudah memenuhi standar kegiatan usaha yang telah ditetapkan. Bisnis area permainan harus memenuhi perizinan berusaha sesuai dengan tingkat skala risiko usahanya. Untuk mengetahui perizinan berusaha yang harus dipenuhi, sebelumnya harus diketahui dulu kode KBLI dari kegiatan usaha tersebut.

Area permainan seperi Timezone atau Kidzania memiliki kode KBLI 93293 (usaha arena permainan). Kelompok ini mencakup suatu usaha yang menyediakan tempat dan fasilitas untuk permainan ketangkasan dan atau mesin permainan dengan koin atau kartu sebagai usaha pokok dan dapat dilengkapi dengan penyediaan jasa pelayanan makan dan minum.

Kelompok usaha ini termasuk dalam risiko usaha menengah tinggi. Mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, perizinan berusaha untuk kegiatan usaha risiko menengah tinggi berupa Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikat standar yang terverifikasi.

Saat mengurus perizinan berusaha, pelaku usaha juga harus memenuhi persyaratan perizinan usaha berupa dokumen lingkungan hidup berupa Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup atau SPPL. SPPL merupakan dokumen yang berisi pernyataan kesanggupan dari penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan untuk melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup atas dampak lingkungan hidup dari usaha dan/atau kegiatannya di luar usaha dan/atau kegiatan yang wajib amdal atau UKL-UPL.

Penyedia area permainan juga harus melengkapi persyaratan khusus berupa Sertifikat Laik Sehat yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang menjadi bukti tertulis bahwa akomodasi tersebut telah memenuhi standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan.

 

Jika anda membutuhkan konsultasi bisnis, pendirian perusahaan, dan perizinan usaha silahkan hubungi Lex Mundus sekarang juga melalui chat whatsapp pada halaman ini atau email ke [email protected]. Terima kasih.

Why Lex Mundus

Lex Mundus has been active in this Industry for more than 12 years and has showed a leading role in company establishment and strategic corporate market-entry services in Indonesia. Through our deep understanding on Indonesian regulatory system and business culture, and our close relationship with various Indonesian government officials, we would be able to offer you cost-efficient and highly effective services in Indonesia.

Business Consulting
  • Company Establishment
  • Immigration Services
  • Tax and Finance
  • Human Capital
  • Intellectual Property
  • Translation
Training
  • Corporate Legal Training
  • Tax and Finance Training
  • Certified Training
More