Articles > Perizinan Berusaha Kegiatan Agro Wisata

Perizinan Berusaha Kegiatan Agro Wisata

July 10, 2024 9:59 am published by astuti

Kini berwisata atau rekreasi sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat modern. Rekreasi sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang dianggap berkontribusi pada kesehatan fisik dan mental.  Melakukan kegiatan rekreasi dapat  membantu meningkatkan energi dan stamina serta membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Rekreasi  juga memberikan kesempatan untuk melepaskan diri dari rutinitas dan tekanan sehari-hari, membantu mengurangi stres dan kecemasan yang selanjutnya akan berdampak pada kesehatan mental.

Rekreasi memberikan kesempatan bagi individu untuk bersantai, bersenang-senang, dan melarikan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari. Ini penting untuk keseimbangan hidup dan kepuasan pribadi. Kegiatan rekreasi juga bisa menjadi sarana edukasi dan pengembangan diri. Misalnya, kegiatan alam terbuka dapat mengajarkan tentang lingkungan dan konservasi.

Aktivitas rekreasi yang dilakukan masyarakat dapat berdampak secara ekonomi bagi masyarakat juga. Hal ini karena Industri rekreasi dan pariwisata sering kali menjadi sumber pendapatan yang penting bagi banyak komunitas. Ini mencakup pekerjaan di sektor perhotelan, restoran, dan tempat-tempat wisata.

Ada bermacam-macam jenis wisata yang  dapat disesuaikan dengan minat, kebutuhan, dan tujuan perjalanan. Salah satunya jenis wisata yang diminati khususnya masyarakat di perkotaan yaitu wisata agro. Wisata agro atau agro wisata adalah bentuk pariwisata yang menggabungkan aktivitas rekreasi dengan kegiatan pertanian. Ini memungkinkan pengunjung untuk belajar tentang praktik pertanian, menikmati alam, dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas terkait pertanian.

Agro wisata menjadi popular karena memberikan pengalaman unik yang edukatif dan menyenangkan, misalnya merasakan kegiatan pertanian seperti memetik buah, menanam sayuran, atau memerah susu sapi.

Untuk dapat membuat abjek wisata berbasis alam seperti agro wisata, ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan oleh pelaku usaha. salah satu hal penting agar dapat menjalankan kegiatan usahanya, pengelola harus mengurus perizinan berusaha.

Melihat dari daftar KBLI dalam sistem OSS, kegiatan usaha agro wisata memiliki kode KBLI 93231 (Wisata Agro). Kelompok ini mencakup suatu usaha pengelolaan daya tarik wisata dengan memanfaatkan kawasan pertanian yang meliputi tanaman pangan dan holtikultura, perkebunan, perikanan dan peternakan sebagai usaha pokok dan dapat dilengkapi dengan penyediaan berbagai jenis fasilitas termasuk jasa pelayanan makan dan minum serta akomodasi. Jenis-jenis kegiatannya meliputi produksi, koleksi, konservasi, pengolahan, dan kegiatan budaya masyarakatnya, seperti Taman Buah Mekarsari (Jawa Barat), Wisata Kebun Salak Sleman (Jogjakarta), dan Wisata Kebun Apel Batu (Malang, Jawa Timur) serta Coffeenery dan Winery.

Untuk diketahui bahwa kelompok tersebut merupakan kegiatan usaha dengan risiko menengah rendah. Oleh karena itu perizinan berusaha yang harus dimiliki berupa Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikat standar. Pengurusan perizinan berusaha dilakukan secara online melalui sistem OSS berbasis risiko.

 

Butuh  konsultasi bisnis, pengurusan pendirian perusahaan dan perizinan usaha dengan harga terjangkau? Silahkan hubungi Lex Mundus sekarang juga melalui chat whatsapp pada halaman ini atau email ke [email protected]. Terima kasih.

 

Why Lex Mundus

Lex Mundus has been active in this Industry for more than 12 years and has showed a leading role in company establishment and strategic corporate market-entry services in Indonesia. Through our deep understanding on Indonesian regulatory system and business culture, and our close relationship with various Indonesian government officials, we would be able to offer you cost-efficient and highly effective services in Indonesia.

Business Consulting
  • Company Establishment
  • Immigration Services
  • Tax and Finance
  • Human Capital
  • Intellectual Property
  • Translation
Training
  • Corporate Legal Training
  • Tax and Finance Training
  • Certified Training
More