Articles > Prosedur Perubahan Pernyataan Pendirian PT Perorangan

Prosedur Perubahan Pernyataan Pendirian PT Perorangan

March 26, 2024 5:28 am published by astuti

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kini bisa memperoleh status badan hukum dengan mendirikan PT perorangan. Syarat pendiriannya pun terbilang mudah yaitu dengan memenuhi syarat-syarat berikut ini ;

  • Pendiri harus berusia minimal 17 tahun;
  • Cakap hukum;
  • Pendiri merupakan Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Pendiri hanya dapat mendirikan 1x dalam setahun.

Untuk memperoleh status badan hukum, PT Perorangan harus mendaftar ke Kementrian Hukum dan HAM melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (AHU online) dengan mengajukan surat pernyataan pendirian sebagai syarat legalitas berdirinya suatu usaha.

Setelah didaftarkan melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (AHU online), Kemudian Direktorat Jenderal Administrasi Hukum (Ditjen AHU) akan menerbitkan Sertifikasi Pernyataan Pendirian PT Perorangan sebagai bukti pengesahan pendirian PT.

Apabila terdapat perubahan pada PT perorangan, dimungkinkan untuk melakukan perubahan pada pernyataan pendirian perseroan dengan mengisi format isian perubahan pernyataan pendirian PT Perorangan dalam bahasa Indonesia. Prosedur perubahan tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan dalam PP No. 8 Tahun 2021 Tentang Modal Dasar Perseroan Serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan, Dan Pembubaran Perseroan Yang Memenuhi Kriteria Untuk Usaha Mikro Dan Kecil. Berdasarkan ketentuan, perubahan tersebut dapat dilakukan lebih dari satu kali melalui perubahan pernyataan perubahan PT Perorangan.

Adapun format isian perubahan memuat hal-hal berikut;

1. nama dan tempat kedudukan PT perorangan;

2.Jangka waktu berdirinya PT perorangan;

3. Maksud dan tujuan serta kegiatan usaha PT perorangan;

4. Jumlah modal dasar, modal ditempatkan dan modal disetor;

5. Nilai nominal dan jumlah saham;

6. Alamat PT perorangan;

7. Nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal, nomor induk kependudukan, dan nomor pokok wajib pajak pendiri, sekaligus direktur dan pemegang saham perseroan perorangan.

Perubahan pada pernyataan pendirian dilakukan berdasarkan keputusan pemegang saham perseroan perorangan yang memiliki kekuatan hukum sama dengan rapat umum pemegang saham. Pernyataan perubahan harus diajukan kepada menteri secara elektronik untuk mendapatkan sertifikat pernyataan perubahan. Pernyataan perubahan tersebut berlaku setelah diterbitkan nya sertifikat pernyataan perubahan.

 

Mau urus pendirian PT Perorangan dengan biaya terjangkau? silahkan hubungi Lex Mundus sekarang juga melalui chat whatsapp pada halaman ini atau email ke [email protected]. Terima kasih. 

Why Lex Mundus

Lex Mundus has been active in this Industry for more than 12 years and has showed a leading role in company establishment and strategic corporate market-entry services in Indonesia. Through our deep understanding on Indonesian regulatory system and business culture, and our close relationship with various Indonesian government officials, we would be able to offer you cost-efficient and highly effective services in Indonesia.

Business Consulting
  • Company Establishment
  • Immigration Services
  • Tax and Finance
  • Human Capital
  • Intellectual Property
  • Translation
Training
  • Corporate Legal Training
  • Tax and Finance Training
  • Certified Training
More