Articles > Yuk Kenali Seluk Beluk Bisnis Franchise!

Yuk Kenali Seluk Beluk Bisnis Franchise!

May 24, 2023 10:18 am published by astuti

Anda pasti sudah sangat familier dengan brand KFC, McD, Pizza Hut atau Mixue yang baru-baru ini ramai di perbincangkan karena dalam waktu yang cukup singkat telah membuka ratusan gerainya diberbagai tempat di Indonesia. Mereka adalah contoh merek waralaba yang cukuo terkenal di Indonesia saat ini. Di Indonesia Franchise atau Waralaba menjadi salah satu bisnis yang berkembang cukup pesat saat ini. Lalu apa dan seperti apa sih bisnis Franchise itu?

Kata franchise berasal dari bahasa Prancis yang memiliki arti keistimewaan atau kebebasan. Sementara dalam bahasa Indonesia disebut waralaba yang merupakan gabungan dua kata yaitu ‘wara’ yang memiliki arti banyak dan ‘laba’ yang berarti untung. Jadi dalam terjemahkan bebas maka waralaba berarti bisnjs yang dapat menghasilkan untung yang banyak.

Kemudian pengertian Waralaba berdasarkan Permenag RI nomor 71 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis.

Ciri khas dari bisnis ini adalah menawarkan barang dan atau jasa yang telah terbukti berhasil serta dapat dimanfaatkan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.
Pada dasarnya, sistem usaha pada bisnis franchise adalah perjanjian untuk menjual produk dan jasa pemilik usaha. Pemilik usaha biasa disebut pewaralaba atau franchisor, sedangkan pembeli lisensi bisnis disebut terwaralaba atau franchisee.

Biasanya perjanjian kerjasama yang dilakukan dalam bisnis franchise yaitu pemilik usaha (franchisor) akan memberi hak kepada pembeli lisensi (franchisee) untuk menggunakan nama brand produk, serta sistem bisnis meliputi proses produksi, operasional, standar perlengkapan produk, manajemen SDM hingga pengelolaan keuangan. Sementara iti franchisor akan mendapat imbalan royalti dari franchisee.

Membeli sistem lisensi dan menjalankan bisnis franchise dianggap lebih menarik dan menguntungkan terutama bagi pengusaha pemula sebab mampu memberikan jaringan bisnis yang luas serta peluang sukses yang lebih besar daripada memulai bisnis dari nol. Dengan begitu akan lebih mudah menjaring konsumen dengan brand yang sudah terlebih dulu dikenal.

Bagi seorang Franchisor atau pemiliki usaha waralaba, membangun citra brand menjadi hal paling utama, karena hal inilah yang akan ditawarkan kepada pembeli lisensi. Selain itu, memiliki sistem bisnis yang solid dan teruji menjadi hal lain yang harus dibangun seorang franchisor agar bisnisnya berkembang.

Tertarik membangun bisnis franchise? Butuh bantuan mengurus perizinan berusahanya? silahkan hubungi Lex Mundus sekarang juga melalui chat whatsapp pada halaman ini atau email ke [email protected]. Terima kasih.

Why Lex Mundus

Lex Mundus has been active in this Industry for more than 12 years and has showed a leading role in company establishment and strategic corporate market-entry services in Indonesia. Through our deep understanding on Indonesian regulatory system and business culture, and our close relationship with various Indonesian government officials, we would be able to offer you cost-efficient and highly effective services in Indonesia.

Business Consulting
  • Company Establishment
  • Immigration Services
  • Tax and Finance
  • Human Capital
  • Intellectual Property
  • Translation
Training
  • Corporate Legal Training
  • Tax and Finance Training
  • Certified Training
More