Articles > Memahami Hak Desain Industri Pada Sebuah Produk

Memahami Hak Desain Industri Pada Sebuah Produk

June 5, 2023 3:35 am published by astuti

Desain Industri adalah kreasi tentang bentuk konfigurasi atau komposisi garis atau warna, ataupun gabungan antara hal-hal tersebut yang bisa berwujud dua dimensi atau tiga dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan untuk menghasilkan suatu produk, komoditas industri, atau kerajinan tangan.

Desain industri merupakan salah satu jenis hak kekayaan intelektual yang memiliki perlindungan hukum. Seperti merek, desain industri juga sangat melekat pada suatu produk. Contoh objek desain industri pada produk yang bisa dijumpai sehari-hari seperti desain tutup botol pada produk minuman, desain produk hp, atau desain dan warna pada kotak kemasan suatu produk makanan.

Baca juga : Apa Yang Dimaksud dengan HAKI?

Untuk mendapat hak eklusif atas desain industri dan perlindungan hukum maka pendesain harus melakukan pendaftaran hak desain industri ke Dirjen Kekayaan Intelektual (DJKI). DJKI sendiri mengklasifikasikan desain industri kedalam berbagai kelas mulai dari produk maknan, pakaian, perabotan dan lain sebagainya. Pendesain yang mendaftarkan desain industri produknya ke DJKI akan mendapatkan Hak Desain Industri yang merupakan hak eklusif yang diberikan negara kepada pendesain terhadap hasil ķreasinya untuk waktu tertentu melaksanakan sendiri atau memberikan persetujuan pada pihak lain untuk menggunakan desain tersebut.Adapun jenis perlindungan atas desain industri terbagi atas tiga jenis, diantaranya:

  1.  Satu desain industri secara
  2. keseluruhanParsial
  3.  Beberapa perlindungan produ sebagai satu kesatuan

Pendaftaran hak desain industri sebaiknya dilakukan sesegera mungkin, mengingat pendaftaran hak kekayaan intelektual menganut sistem fist to file yang berarti pihak yang terlebih dahulu mendaftarkannya lah yang akan mendapatkan haknya.
Selain karena itu, beberapa hal ini menjadi alasan pentingnya pendaftaran Hak Desain Industri produk anda ;

  • Legalitas atas hak desain industri produk anda dan mencegah penjiplakan desain oleh pihak lain,
  • Desain industri merupakan salah satu aset perusahaan, dengan memiliki hak desain industri dapat meningkatkan nilai komersil dari perusahaan,
  •  Hak desain industri dapat dialihkan ke pihak lain dengan cara pemberian lisensi yang dapat mendatangkan profit.

Ingin mendaftarkan hak desain industri produk Anda? silahkan hubungi Lex Mundus sekarang juga melalui chat whatsapp pada halaman ini atau email ke [email protected]. Terima kasih.

Why Lex Mundus

Lex Mundus has been active in this Industry for more than 12 years and has showed a leading role in company establishment and strategic corporate market-entry services in Indonesia. Through our deep understanding on Indonesian regulatory system and business culture, and our close relationship with various Indonesian government officials, we would be able to offer you cost-efficient and highly effective services in Indonesia.

Business Consulting
  • Company Establishment
  • Immigration Services
  • Tax and Finance
  • Human Capital
  • Intellectual Property
  • Translation
Training
  • Corporate Legal Training
  • Tax and Finance Training
  • Certified Training
More